Senin, 09 Maret 2015

Tips Mengecat Rumah



Tips Mengecat Rumah - Pernahkah Anda merasa bosan dengan suasana kamar Anda? Jika iya, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mengecat ulang kamar Anda. Warna baru pada dinding kamar akan menciptakan suasana baru pagi penghuninya. Cara paling mudah untuk mengecat kamar Anda adalah dengan menyuruh orang lain. Namun bagaimana kalau Anda ingin mengecatnya sendiri di sela-sela waktu luang yang Anda miliki? Berikut beberapa tips yang mungkin Anda perlukan dalam mengecat rumah Anda.

1. Persiapan
Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengecat dinding kamar Anda yaitu kuas, roller, tray (tempat cat), lakban, dan cat. Untuk ruangan dengan ukuran 3 x 4 meter, Anda akan membutuhkan kurang lebih 3,5 liter cat untuk 1 lapisan. Untuk hasil terbaik, dibutuhkan minimal 2 kali pelapisan. Gunakan lakban untuk melindungi bagian-bagian yang tidak ingin dicat.

2. Bersihkan Dinding
Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding dari minyak, debu, jamur, dan kotoran dengan menggunakan air dan deterjen. Tunggu sampai dinding menjadi kering kembali agar cat dapat menempel dengan baik. Jika Anda ingin menggunakan warna yang berbeda dengan warna cat sebelumnya, kupas cat lama dengan menggunakan scrapper atau kape. Sebelumnya, gunakan cairan pegelupas cat untuk memudahkan proses pengelupasan.

3. Mulai Mengecat
Mulailah mengecat setelah dinding bersih dari kotoran dan mengering. Anda bisa menggunakan cat dasar terlebih dahulu ataupun menggunakan cat khusus yang tidak memerlukan cat dasar. Lindungi sofa dan peralatan lain meggunakan kain yang sudah tidak terpakai agar terlindung dari cipratan cat.

Jika Anda menggunakan kuas, hindari mengecat dengan cara menimpa atau menyambung. Teknik ini akan membuat cat pada bagian sambungan menjadi lebih tebal dan memiliki warna berbeda. Cara yang paling baik adalah dengan melakukan satu tarikan horizontal dari atas ke bawah. Gunakan kuas untuk mengecat bagian-bagian sulit seperti sudut kamar.

Sebaliknya, jika Anda meggunakan roller, buatlah bentuk huruf "W" atau "M" dengan satu tarikan. Kemudian angkat roller dan cat bagian yang belum Anda lapisi dari arah sebaliknya. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai cat menetes dari kuas ataupun roller saat akan mengecat.

5. Bersihkan Lantai dari Bercak Cat
Langkah terakhir adalah membersihkan lantai dari bercak-bercak cat yang mungkin menempel dengan menggunakan air. Sebaiknya lantai langsung dibersikan dari noda cat karena noda akan semakin sulit dihilangkan jika dibiarkan terlalu lama.

Demikian panduan singkat mengenai cara mengecat rumah. Baca juga mengenai tips membeli rumah dijual.

Dari berbagai sumber 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar