Kamis, 05 Maret 2015

Tips Membeli Rumah



Tips Membeli Rumah - Membeli rumah merupakan salah satu pengeluaran terbesar bagi kebanyakan orang. Itulah mengapa kita tidak bisa gegabah dalam membeli rumah dijual. Terkadang, ini membuat kita merasa sakit kepala hanya untuk memikirkannya. Namun itu tampak mudah apabila kita tahu bagaimana cara memulainya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat akan membeli rumah:

1. Budget
Yang pertama kali harus Anda pertimbangkan adalah berapa jumlah yang bisa Anda bayar. Hitung ulang berapa jumlah uang yang Anda punyai dan berapa yang mungkin Anda pinjam ke Bank. Kalau Anda berencana menggunakan KPR, buat perkiraan berapa jumlah angsuran yang harus Anda bayar tiap bulan sampai cicilan Anda terbayar lunas. Selain itu, Anda juga harus menghitung biaya lainnya seperti:
  • BPHTB/Pajak Pembelian, Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, besarnya sekitar 5% dari NJOP dikurangi NJOPTKP.
  • Biaya Notaris
  • Biaya Balik Nama, AJB dan pengurusan sertifikat
2. Berburu Rumah
Langkah selanjutnya adalah mencari rumah yang Anda inginkan. Anda bisa mencari daftar rumah dijual melaui media cetak ataupun website jual beli rumah. Carilah rumah yang memang masuk kedalam budget yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Jika Anda sudah menentukan pilihan, langkah berikutnya adalah melakukan kunjungan ke rumah tersebut.

3. Periksa Kelengkapan Dokumen Rumah
Saat  melakukan kunjungan ke rumah yang Anda incar, periksalah bagian bagian rumah tersebut. Jangan lupa tanyakan dokumen kepemilikan rumah tersebut kepada si penjual beserta keabsahannya. Periksa juga apakah si penjual telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan dari rumah tersebut.

4. Melakukan Penawaran
Jika Anda merasa cocok dengan kondisi rumah yang telah Anda periksa tersebut, tanyakan kepada penjual berapa harga yang ia minta. Jika Anda merasa harga yang diberikan terlalu tinggi, jangan sungkan untuk menawar. Naikkan sedikit demi sedikit nilai penawaran yang Anda berikan sampai penjual sepakat. 

5. Pembayaran
Setelah Anda mendapatkan harga yang telah disepakati dengan penjual, langkah selanjutnya adalah menentukan metode pembayaran. Tanyakan kepada penjual apakah rumah itu harus dibayar secara tunai atau bisa diangsur. Tanyakan juga kemungkinan menggunakan KPR untuk membayar rumah tersebut. 

Demikianlah langkah langkah yang harus Anda pertimbangkan dalam membeli rumah. Semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar