Senin, 02 Maret 2015

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru



Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menempati Rumah Baru – Bekerja merupakan salah satu aktivitas keseharian manusia. Banyak dari kita yang harus bangun pagi-pagi sekali untuk mencapai kantor atau tempat dimana kita bekerja hanya untuk menghindari macet. Begitu waktu pulang tiba, semua seakan berlomba-lomba untuk bisa sampai di rumah paling cepat. Aktivitas seperti itu rutin dilakukan oleh orang-orang yang biasa tinggal di kota besar seperti Jakarta, yang jalannya padat dengan kendaraan.

Jarak rumah yang jauh dari tempat bekerja semakin membuat kita menghabiskan banyak waktu di jalan. Tidak jarang pula Kita harus mencari lokasi rumah yang cocok dengan aktivitas kita. Bagi sebagian orang, kegiatan pindah rumah ini menjadi hal yang cukup merepotkan. Bagaimana tidak. Kita harus menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan rumah baru kita. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan rumah baru Anda.

        Kenali Rumah Anda
Hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah perkenalan dengan rumah Anda.  Sama halnya  saat pertama kali kita berkenalan dengan orang yang baru kita temui, perkenalan dengan rumah baru Anda akan membantu Anda membiasakan diri dengan kondisi rumah Anda. Sebagai contoh, Anda harus mengetahui lokasi dan peruntukan sirkuit listrik yang ada di dalam rumah.

      Simpan Dokumen Kepemilikan Rumah
Pastikan Anda menyimpan semua dokumen yang menyangkut kepemilikan rumah baru Anda seperti IMB, sertifikat tanah, dan surat berharga lainnya. Hal ini penting jika sewaktu waktu Anda akan membayar pajak ataupun berencana untuk menjual rumah Anda tersebut di waktu yang akan datang. Simpan dokumen tersebut di tempat yang aman.

      Kenali lingkungan Anda
Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mencari informasi disekitar rumah baru Anda. Galilah informasi mengenai sekolah, pusat perbelanjaan, taman hiburan, perpustakaan, atau tempat menarik lainnya. Selain itu, Anda perlu untuk bersosialisasi dengan tetangga disekitar rumah Anda. Tetangga Anda dapat membantu mengawasi rumah Anda jika Anda sedang tidak di rumah.

        Amankan Rumah Anda
Jika Anda membeli rumah second, ada baiknya Anda mengganti semua kunci pintu rumah. Tidak menutup kemungkinan pemilik rumah sebelumnya menyimpan salinan kunci pintu rumah tersebut.

        Binatang Peliharaan
Sama seperti manusia, binatang peliharaan seperti anjing dan kucing pun perlu untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya. Bantulah mereka untuk beradaptasi dengan bersikap biasa mengingat binatang sangat sensitif terhadap perilaku kita. Singkirkan benda-benda yang kiranya membahayakan bagi mereka. Carilah ruangan dimana Anda bisa menaruh mainan, makanan, serta ‘rumah’ bagi binatang kesayangan Anda.

Menempati rumah baru memang membutuhkan usaha yang ekstra. Namun jika Anda mengerti apa yang harus dilakukan, semua pun terasa lebih mudah. Bukan begitu?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar